Quote

Belajar dari pengalaman

 

 

IMG_7987Banyak hal yang dapat dipetik sebagai pelajaran dari kegiatan seminar internet sehat kemarin itu, bukan hanya dalam hal meneegrial dan tehnis saja tapi banyak hak baru yang selama ini belum saya pelajari baik sebagai pribadi atau sebagai aktifis, diantara pembelajaran yang kita petik adalah

1. Kepemimpinan, banyak hal yang selama ini kita terlihat remeh tapi itu adalah yang menyokong kepemimpinan kita, karena pada dasarnya pemimpin adalah ujung dari ruh sebuah lembaga.

2. Managemen Proyek  dari sisi managemen tentunya harus pembagian tanggung jawab siapa sebagai apa dan harus melakukan apa, karena selama ini kegiatan yang di lakukan hanya merujuk pada seorang, bukan dalam sebuah tim kerja dan distribusi pekerjaan sesuai bidangnya masing-masing itu yang pertama, yang kedua adalah karena terpaku pada seorang  maka semua hal seakan-akan menjadi beban diri sendiri, ketiga kegiatan berikutnya tidak boleh lagi ada tim kerja yang tidak ikut proses, sehingga semua mengetahui apa yang perlu dilakukan, walaupun kita menggunakan jasa pihak ketiga, maka pihak ketiga itu harus mengikuti apa yang kita inginkan bukan apa yang baik menurut pihak ketiga dan vendor, semua harus terdokumentasikan dalam sebuah SPK surat perjanjian kerja sama sehingga jelas hak dan kewajibanya.

3. kepemimpinan bahwa naluri sebagai pemimpin harus bisa jalan, dan itu akan bisa berjalan sejalan dengan waktu dan jam terbang semakin banyak jam sebagai pemimpin maka naluri dalam memprediksi akan bisa jalan walaupun pada situasi yang mepet.

Tiga pembelajaran ini yang dapat saya petik sebagai pelajaran  dalam menjalankan program-program yang akan datang,  tentunya masih sangat banyak hal yang dapat kita pelajari dari berbagai pengalaman kawan-kawan yang sudah terdahulu berkecimpung di dunia pemberdayan, dan managemen progra. semoga ini menjadi awal yang baik bagi kita semua

<

p align=”justify”>salam