Quote

SURVEY MENGGUNAKAN GOOGLE FORM

FORM SURVEY MENGGUNAKAN GOOGLE FORM

Saat ini google telah membuat tool gratis yang bisa kita gunakan untuk membuat survey dan sekaligus malakukan analisa terhadap hasil-hasil survey kita, kami telah mencoba menggunakan tool ini dalam kegiatan penyediaan jamban sehat keluarga di desa Sudu, Ngraho dan Beged ketiganya ada di kecamatan Gayam Bojonegoro. Dengan bantuan tool ini saya dapat merencanakan acara dan membuat survei atau jajak pendapat, serta mengumpulkan informasi lain yang mudah, cara yang efisien dengan Google Form dan yang paling menarik disini adalah kita dapat memebuat berbagai permodelan analisasi yang kita kehendaki dan dengan spreadsheet yang ada di dalamnya kita dapat merekam tanggapan untuk formulir yang kita buat.

  1. Pastikan anda punya accout google dan login ke account google :

clip_image002

  1. Arahkah mouse/crousor ke driver

clip_image004

3. Arahkan ke menu New – more – Google form

clip_image006

Sebuah bentuk baru akan secara otomatis membuka, sebuah templet dibawah ini

clip_image008

Dalam bentuk template, kita dapat mamasukan dan menambahkan setiap pertanyaan yang kita inginkan. Kita juga dapat mengatur bentuk dengan menambahkan header dan membagi formulir menjadi beberapa halaman.

Untuk polling, survei, kuis, atau mengumpulkan informasi dengan menggunakan formulir dari spreadsheet di Google Sheets:

Contoh saya membuat Form untuk pendaftaran anggota

Nama keteria jawaban saya beri short answer karena butuh jawaban singkat, kita bisa mengubah untuk berbagai tipe jawaban yang kita kehendaki, di google form di sediakan 9 macam jawaban kita bisa meyesuaikan sesuai keingin kita. Jika jawaban tanggal lahir maka kita bisa pilih Date, atau jika kita menyediakan pilihan jawaban kita bisa pilih multiple choice dan sebagainya.

clip_image010

Jika desain dan pertanyaan sudah kita bisa pilih send kita akan masuk ke menu model pengiriman, kita bisa tentukan apakah orang yang kita kirimi ini hanya bisa sekali mengirimkan form dan atau harus login yang, kemudian kita pilih apakah kita kirim by email, atau link atau akan kita temple form ini di website organisasi kita atau kita bisa kolaborasi menggunakan Googleplus, Facebook dan Twitter, tak kalah penting adalah kita centang shorten URL ini berguna untuk memperpendek URL yang hendak kita kirim

clip_image012

Dan yang perlu kita perhatikan lagi adalah tombol required ini untuk menyatakan bahwa data ini harus diisi

clip_image014

Kalau sudah kita tinggal tunggu respon dari orang yang kita kirimi tersebut

Dan setelah kita isi form dan terus kita kirim aka nada pemberitahuan,

clip_image016

Bersambung ke tulisan berikutnya

One thought on “SURVEY MENGGUNAKAN GOOGLE FORM

Comments are closed.