Quote

CATATAN IT CAMP 2014

 

CIBUBUR 13-14 SEPTEMBER 2014

Kami dari RTIK Bojonegoro berkesempatan untuk hadir di IT-Camp 2014, sebuah even tahunan yang di gelar oleh ODC (one Destination Center) dengan KeRMIT (Kelompok Remaja Melek IT), ini memang salah satu even akber yang mengumulkan ahli-ahli IT yang bener-bener expert di bidangnya, even ini di mulai tahun 2009 sampai 2014 dan sempat tidak terselengagara pada tahun 2013 karena terkendala berbagai masalah tehnis.

SEKILAS IT-CAMP

Teknologi informasi terbaru semakin membuat hidup kita semakin mudah, murah dan menyenangkan. Walaupun saat ini kemajuan technologi tersebut masih dikelola oleh perusahaan besar, di tingkat operator maupun penyedia layanan internet yang ada di Indonesia, namun bukan berarti ilmunya tidak bisa dimilik oleh siswa – siswa maupun pekerja pekerja yang ingin maju. Namun Perkembangan ini tidak sejalan dengan dunia pendidikan tempat siswa / mahasiswa menuntut ilmu, karena keterbatasan sarana prasarana maupun pengajar yang belum tentu juga menguasai teknologi tersebut. Keterbukaan wawasan teknologi informasi akan membuka kemungkinan untuk lebih memperlancar proses yang ada dan membuat effisien biaya operasional.

IT CAMP adalah even tahunan yang diadakan oleh ODC (one Destination Center) dengan KeRMIT (Kelompok Remaja Melek IT), telah di mulai sejak tahun 2009, yang berupa kegiatan pelatihan IT yang bersifat praktis yang dilakukan di out door (alam terbuka). Pada IT Camp 2009, peserta baru memperoleh pelatihan dasar seperti pengenalan komputer, jaringan, merakit komputer server, pembuatan jaringan internet, jaringan wireless maupun Internet telepon (VoIP). Tahun 2010, IT CAMP memberi pelatihan berupa hacking karena banyaknya tuntutan dari peserta yang ingin mendalami ilmu tentang Hacking, kami telah mengenal ilmu hacking dengan tujuan yang benar sehingga imej tentang hacker selama ini buruk bisa menjadi baik, tahun 2011 materi yang diberikan aalah tentang ?Open BTS dan Cloud Computing?.

Tahun 2012, KERMIT (Kelompok Remaja Melek IT) dan ODC (Yayasan One Destination Center) akan menyelenggarakan kembali IT Camp, Pada kesempatan ini fokus materi pada “TV Internet (Streaming), Radio Internet, Home Teater PC, Media Server, UPnP, OpenBTS new version (Multi BTS)”. TV Internet adalah salah satu media dimana kita dapat menikmati segala bentuk fitur media dengan satu alat seperti, menikmati music, menonton koleksi film yang kita punya, mendengarkan radio, hanya dengan mengakses melalui server, hardisk, ataupun internet. Sedangkan Open BTS Seluler yang akan diajarkan tentang membangun Multi BTS Seluler dan Operator sendiri yang bisa memberikan solusi hemat dalam berkomunikasi. Open BTS yang sekarang ini adalah versi terbaru, lebih stabil dan dapat di gunakan Multi BTS.

Peserta IT Camp kebanyakan kaum muda yang mempunyai keingin tahuan sangat tinggi dan sangat potensial untuk diberikan pemahaman yang benar tentang Teknologi – teknologi baru seperti tersebut di atas. Harapannya adalah peserta IT Camp 2014 mendapatkan ilmu pengetahuan dan menambah wawasan tentang teknologi – teknologi baru tersebut, sehingga menjadikan mereka lebih kompetitif di dunia pendidikan maupun dunia bekerja.maka pada tahun 2014 ini di berikan materi dan narasumber yang bener-bener expert di bidangnya Onno W. Purbo (ODC / KeRM.IT) Membuat OS Android Sendiri, Andri Johandri (Streaming Specialist) Membuat Streaming Server, Ian Keikai (Usse TV) Studio Streaming, Anton Raharja (ITMN) VOIP dalam Android, LetDa Yudha dari Mabes TNI AD – Open BTS di TNI

PERJALANAN MENUJU IT-CAMP 2014

Tim dari RTIK Bojonegoro yang berkesempatan untuk menhadiri even IT terakbar tahun 2014 di cibubur yang terdafatar ada 8 orang peserta karena beberapa kendala akhirnya hanya 7 orang yang bisa hadir ke even ini, dengan menggunakan Mobil Xenia Tim dari Bojonegoro meneguhkan niat untuk berangkat menghadiri even IT terakbar tahun 2014 ini yang diselenggarakan di Cibubur Jakarta timur. Tim dari bojonegoro terdiri dari para anak muda yang berpikiran maju di bidang IT demi mendukung Bojonegoro menjadi lumbung pangan dan energy nasional, dan sekaligus mengusung Tagline Dari Bojonegoro untuk Indonesia.

Di awali dengan berdoa bersama Tim dari bojonegoro berangkat ke Jakarta pukul 09.00 dari Media Center kemudian menyusuri jalan bojonegoro cepu, berhenti sejenak di kalitidu untuk menjemput kawan yang lain, setelah itu langsung menuju blora, yang sebelumnya sempat mengisi BBM di POM sumengko. Sejenak berhenti di blora untuk melakukan perhitungan dampak pengecoran jalan Blora – semarang, maka diputuskan kita akan mutar lewat Randublatung, Sulur, kita mengambil jalan melingkar dengan jarak tempuh lebih panjang sekitar 10 KM tapi dengan kalkulasi waktu lebih cepat karena tidak terjebak macet.

Rombongan melewati sulur saat jam menunjukan 11.30 istirahat sejenak di sebuah warung sederhana untuk makan siang secukupnya sambil istirahan da ada beberapa kawan yang ke kamar kecil. Setelah semua selesai dan badan dan fres perjalan kembali di lanjutkan melewati daerah kuwu,

—Lanjut post berikutnya ya —