Quote

NgaBlog Burit di Pabrik “AQUA” Pandaan

DSCN3783

Sabtu tanggal 19 Juli 2014 saya berkesempatan untuk mengunjungi Pabrik Air Minum kemasan yang punya merek AQUA kegiatan ngablog burit ini adalah kegiatan komunitas blogdetik yang mengundang para blogger jawa timur, even tersebut di hadiri 150 orang blogger dari berbagai kota di jawa timur, mulai dari Madura, Surabaya, Malang, Sidoarjo, Krian, Bojonegoro.

Dalam iven ini para peserta di ajak untuk masuk dan mengunjungi area 1 tempat produksi Air Minum Aqua 600 ml, para blogger di berikan waktu yang exklusif untuk dapat masuk ke tempat produksi dan bertanya tentang berbagai macam proses yang berlangsung di dalamnya, dengan catatan tidak boleh mengambil gambar dalam bentuk apapun.

Sebelum kita dijinkan untuk masuk ke pabrik terlebih dahulu kita di berikan brefing kemanan bagaimana tata cara berkunjung ke lingkungan PT. Tirta Investama (pabrik Aqua ) kita harus mengikuti arahan dari ketua rombongan yang telah disediakan, kita harus jalan lewat jalur pendistrian yang telah di sediakan untuk pejalan kaki, jangan melangkah keluar jalur karena banyak keluar masuk alat-alat pabrik, forklip dan lain-lain, wajib memakai sepatu, di larang mengambil gambar atau memfoto.

Dia Area 1 tersebut terdapat berbagai mesin canggih mulai dari mesin pencetak botol Aqua kuran 600 ml sampai mesin mencetak label pada botol yang telah terisi air mineral. Semua serba mesin, otomatis dengan kapasitas 2000 botol perjam, dan mesin ini hidup 24 jam, 7 hari dalam 1 minggu, di dalam parik ada kerjaan yang menurut kami sangat berat yaitu sebagai quality control secara visual, yang bertugas harus melihat setiap botol bila di lihat ada yang tidak beres seperti botol mengelembung atau tutup kurang rapat, bagian ini terdiri dari dua orang yang bertugas 8 jam per ship, maka QC ini yang harus mensortir sebelum masuk ke lebeling, dan saat ini AQUA menerapakan dobel seri lebeling yaitu ada di tutup dan di badan botol, ini untuk menghindari pemalsuan yang cukup marak.

Setelah puas berkeliling ke pabril Aqua Area 1 maka kita istirahan untuk melaksanakan sholat ashar berjamaah dimasjid komplek pabrik, dan untuk selanjutnya menuju desa binaan Aqua yaitu ke desa jati anon yang menjadi ring satu dari PT Tirta Investama yang memproduksi “Aqua asli”, di komunitas Wanjati (wanita jati anom) degan berbagai aktifitas yang dilakukan oleh warga seperti sekolah wanjati junior, aktifitas kerajinan ibu-ibu dan yang menarik adalah adanya bank sampah, yang semua ini di damping oleh SII (Sosial Infesmen Indonensia).

Komunitas ini mempunyai tempat berkumpul yang ditata begitu apik yang mereka sebut pedepokan Rumah Super, mengapa di sebut rumah super, itu adalah kepanjangnya “suara perempuan” jadi disini semua aktifitas ibu-ibu diwadahi dalam komunitas ini, maka tempat berkumpulnya di beri nama “rumah super” di sini kami di berikan penjelasan terkait denagn program CSR PT Tirta Investama yang dilakukan mulai dari hulu sampai hilir, mulai dari penanganan penghijauan yang ada di puncak sebagai sarana penangkapan air, sampai di hulu dengan menanaman magruf, sedang yang di ring satu ini kami melakukan pemberdayaan masyarakat mulai dari bidang pendidikan sampai ekonomi kreatif dan bank sampah.

Setelah seleasi dari komunitas Wanjati kami kembali ke Ruang “Ismoya” tempat dimana kami berkumpul di awal tadi, ohya satu lagi yang unit menurut kami bahwa semua ruanagn di pabrik ini di beri nama dengan nama-nama yang ada di perwayangan ini menarik untuk mengingatkan kita tentang hasanah budaya bangsa Indonesia. kita berada di ruang Ismoyo ini mendapat materi tentang menagemen AIR yang di sampaikan oleh aktifis dari Ecoton, bagaiman air di wilayah ini tidak di rawat dengan baik, ada berbagai limbah berat yang masuk seenaknya ke kali brantas yang menjadi sember penghidupan masyarakat kita, di sini kita melihat bagaimana tidak seimbanganya limbah yang di buang di kali brantas dengan daya tamping kali, kita harus tau bahwa yang membutuhkan air bukan hanya kita tapi ada ikan, dan hewan-hewan kecil lain yang hidup di air, sebenarnarnya Negara kita sudah baik dari segi peraturan dan perudang-undangan tapi saying tidak ada yang di jalankan.

Setelah di jelaskan panjang lebar tentang managemen air kita di berikan penjelasan tentang lomba menulis “Lomba Blog Anugrah Jurnalis AQUA (AJA) IV 2014 bertemakan “AIR dan Kehidupan Untuk Indonesia Yang Lebih sehat” karya tulis yang dapat menginspirasi kita semua untuk bergerak untuk melakukan konservasi sumber daya air.

Sesi berkutnya adalah Gem yang cukup meriah dengan berbagai hadiah muali dari vocer belanja, sampai hardist external 1 TB. Dan acara ini di akhiri sekitar pukul 19.30 dan para blogger kembali ketempatnya masing-masing. @Abahe_alis