Quote

SEMUA KARENA NIAT BAIK UNTUK PERSAUDARAAN

DSCN2921Minggu tanggal 28-30 Mei 2014 saya dan beberapa rekan di bojonegoro menerima kunjungan dari mbak Dian dan mas Rudy dari PACIVIS, UI, ini adalah kunjungan ke sekian kalinya, sekaligus kelanjutan pelatihan peningkatan kapasitas organisasi NGO Block Cepu yang telah dilakukan sejak tahun 2013 yang lalu, program ini adalah kelanjutan dari program NMCP-MCL tahun 2013 yang sampai sekarang masih aktif melakukan kegiatan yang bersama yang di danai  oleh MCL.

Kegiatan ini direncanakan akan dilaksanakan selama tiga hari dimulai pada hari Rabo dengan materi workshop pembuatan laporan program, kegiatan yang berlangsung di Hotel Aston Bojonegoro. di ikuti oleh 8 orang peserta dari 5 lembaga yang yang saat ini sedang melakukan kerja sama dengan MCL sebagai operator block cepu.  dan hari kamis akan dilanjutkan dengan temu alumni program NMCP-MCL tahun 2013 sekaligus akan bersama-sama malakukan Net Assamen Program Wisata Agro yang ada di Bojonegoro, yang akan diikuti eleh alumni yang berasal dari 3 kabupaten yaitu Bojonegoro, Tuban dan Blora.

DSCN2991Target pertama yang di kunjungi adalah Waduk Pacal, sekaligus kita akan mengamati perekonomian setempat, mulai dari tempat wisata waduk pacal yang di bangun Belanda dan mulai beroperasi pada tahun 1933, yang menjadi bagian dari politik etis belanda. dari waduk pacal kita mencoba untuk dapat menikmati kuliner yang ada di sekitar waduk pacal, dan menjadi pilihan kami adalah Warung Semok, dengan menu khasnya yaitu ikan gloso, tapi kami datang sudah siang jadi ikan gloso sudah habis, tapi itu tidak mengurangi minat kita semua untuk dapat menikmati kuliner yang disediakan oleh warung semok tesebut dengan sambel has yang  super pedas.

DSCN2996Tempat kedua yang kita datangi adalah sumber api abadi Kayangan Api, ini adalah obyek wisata berupa api yang menyala sepanjang musim dan sepanjang tahun, apinya akan nampak indah di malam hari, tapi kita datangnya siang hari jadi hanya bisa melihat senyawang api atau tanda-tanda bara api yang membakar batu di atasnya. di lingkungan kayangan api juga kita melakukan diskusi tentang apa yang menjadi problem bersama bagi NGO di Bojonegoro ini, dan kami sepakati untuk membuat Direktori NGO Block Cepu baik yang saat ini sedang  bekerja sama dengan MCL atau yang saat ini belum bekerjasama MCL, dan disepakati yang sebagai PIC  adalah mohammad Muat, dengan tugas untuk membuat kuisioner sebagai bahan untuk membuat derektori NGO

DSCN3006Tempat ketiga yang dikunjungi adalah kawasan wisata Agro Kebun Blimbing yang berada di desa Ngeringin Rejo kecamatan Kalitidu. di lokasi kebun blimbing di lakukan kunjungan untuk melihat secara langsung obyek  wisata Agro yang menjadi kebangaan Bojonegoro, karena setiap ada tamu Bapak Bupati selalu di mengajak berkunjung ke kebun blimbing ini, karena kami datang sudah sore menjelang maka hanya sedikit yang bisa kita lakukan di lokaksi ini. dari kebun blimbing kita melanjutkan ke kawasan bendung gerak sampai di lokasi hari sudah malam dan kita memutuskan untuk sebentar saja untuk sekedar foto-foto bersama sebagai kenang-kenangan saja.

Dari lokasi bendung gerak kita kembali ke hotel karena kita semua telah di tunggu oleh teman-teman yang tadi pagi terlambat datang ke Hotel Aston Bojonegoro, sesampainya di hotel aston kami melakukan diskusi dengan kawan-kawan yang beru datang  dan kami sampaikan hasil diskusi di kayangan api bahawa ada beberapa langkah agar NGO yang ada di Bojonegoro, Tuban dan Blora  ini dapat bersaing dengan NGO pendatang dari luar Bojonegoro, Blora dan Tuban yang selama di dominasi oleh mereka yang dari Luar tiga kabupaten tersebut, dan ini memerlukan pendampingan untuk meningkatkan kapasitas kami NGO lokal ini, maka kami melihat masih di butuhkannya peranan Pacivis sebagai pendamping NGO di blok cepu paling tidak kami perlu meningkatan wawasan dan teori untuk bisa menjalankan roda organisasi kami seacara baik dan akuntable. pertemuan malan itu akhirnya di akhiri dengan makan malam bersama di rumah makan gajahmada, dan tepat pukul 21.30 kawan-kawan alumni NMCP-MCL yang tidak menginap di Aston Bojonegoro pamit, dan kami semua mengucapkan selamat malam sampai bertemu pada kesempatan berikutnya.

Malam ini saya sebenarnya ingin pulang ke kalitidu, untuk sekedar melihat rumah  dan mengambil beberapa potong pakian karena kemarin hanya membanwa dua poteng pakaian,  tapi karena ada beberapa hal diantarnya pembuatan laporan yang belum selesai maka saya tidak jadi pulang ke kalitidu dan terpaksa tinggal di hotel untuk dapat mengerjakan laporan untuk saya presentasikan besuk pagi di ruang Matting Kinarya 2 hotel aston Bojonegoro.

Meskipun telah bekerja keras hingga larut malan kira-kira sampai jam 02.00 tapi apa daya hanya ada beberapa bab laporan yang bisa saya buat, rupanya kelehan yang amat sangat menyebabkan kurang bisa konsentrasi untuk mengerjakan laporan program STBM, jadi dengan terpakasa kita harus mau di kritik habis oleh kawan-kawan yang lain.

DSCN3017Hari Jumat adalah hari terakhir kita malakukan workshop pelaporan hari ini kami memulai dengan mereviu laporan yang separoh jadi yang aku kerjaan semalam, ada beberapa korek yang saya terima diantara ada beberapa yang perlu di buang tidak perlu dimasukan dalam laporan program, langsung saja buat penjelasan pada mamsing-masing kegiatan yang dilakukan. dan dilanjutkan dengan tata pelaporan yang benar dan akuntable dan tentunya harus dilakukan oleh akuntan publik. kegiatan ini terus berlasngsung sampai menjelang sholat jumat dan sebelumnya di tutup dengan diskusi sebentar dengan bapak Ali Mahmud dari MCL yang menyempatkan hadir.

Kagiatan Workshop kali ini diakhiri dengan makan siang bersama di restoran Bujana Hotel Aston dan dilanjutkan dengan sholat jumat di Masjid terdekat.  @Abahe_alis