Penerapan Cloud Computing di kantor-kantor

Perkembangan teknologi informasi di dunia dalam teknologi cloud computing mulai diadaptasi oleh perusahaan IT terkemuka seperti Microsoft, Google, Yahoo, telkomcloud dan masih banyak alagi penyedia jasa dan layanan ini. Teknologi ini memudahkan pengguna dalam mengakses data kapanpun tanpa harus menggunakan tempat penyimpanan data seperti harddisk atau flashdisk. Pengguna juga sangat dimanjakan tidak perlu menginstall aplikasi di laptop atau PC untuk mengolah data karena aplikasi sudah disediakan di server penyedia jasa. Selain itu, cloud computing juga mempermudah dalam automatisasi data dan pengelolaannya, serta perawatan dan kemungkinan dari berbagai virus yang akhir-akhir ini semakin berfariasi.

Teknologi cloud computing adalah salah satu alternatif bagi instansi pemerintah dalam mengelola data negara. Data-daya yang jumlahnya tidak sedikit bahkan mungkin mencapai ribuan kilobit ini memerlukan penyimpanan yang baik sehingga mudah dalam mengakses dan terjaga keamanannya. Dengan Teknologi cloud computing ini mampu memenuhi kebutuhan dalam penyimpanan dan keamanannya. Namun tentunya instansi pemerintah perlu menganalisis dan mengkaji ulang sebelum memutuskan untuk beralih ke teknologi cloud computing semuanya itu tergantung Anggaran, penyimpanan data yang diperlukan terhadap jasa ini tentu tidak murah dan tidak selalu menguntungkan. Karena ada pengalihan dari benaja barang menjadi belanja jasa yang perlu di analisa di bagian perencanaan dan anggaran.

Unsur kerahasiaan juga menjadi pertimbangan karena menyangkut kekayaan negara dan rahasia penting yang hanya boleh diketahui oleh pihak tertentu yang tidak berkepentingan. Selain itu, pemerintah juga perlu mempelajari teknologi ini terlebih dahulu. Efek samping jika memilih teknologi ini adalah semakin banyak pekerjaannya yang akan terbagi dengan pekerjaan perusahaan npenyedia jasa cloud computing

Pengertian Cloud Computing

Komputasi awan (cloud computing) adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dan pengembangan berbasis internet (awan). Cloud computing merupakan layanan jasa teknologi informasi yang menyediakan infrastruktur melalui koneksi internet untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Penyedia jasa layanan cloud computing seperti Microsoft Cloud, Google Drive , Telkomcloud dan sebagainya

Cloud computing adalah suatu konsep layanan teknologi internet terbaru yang dikenal luas, dengan ketergantungan terhadap internet untuk memberikan kebutuhan komputasi pengguna. Sebagai contoh, windows live menyediakan aplikasi perkantoran umum secara yang dapat diakses melalui suatu penjelajah web seperrti IE, Mozila Firefok dll, dengan perangkat lunak tersebut kita dapat melakukan akses ke data yang tersimpan di server penyedia jasa layanan. Komputasi awan saat ini merupakan trend teknologi terbaru, dan contoh bentuk pengembangan dari teknologi Cloud Computing ini adalah Skydrive dari Microsoft.com

Jenis jasa cloud computing dibagi menjadi 3, yaitu:

  • · SaaS (Software as a Service)

Layanan aplikasi  yang dapat langsung dimanfaatkan penguna dengan berlangganan seperti Microsoft Office 365 dan sebagainya.

  • · PaaS (Platform as a Service)

Layanan penyedia modul siap pakai yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi, berjalan di atas platform tersebut seperti pengembangan game di Facebook, Google Android, dan sebagainya

  • IaaS (Infrastructure a Service)

Layanan yang menyewakan perangkat untuk menjalankan aplikasi meliputi media penyimpanan, processing power, memory, sistem operasi, dan kapasitas.

keuntungan dan kerugian Menggunakan Cloud Computing

Untuk menentukan cloud computing apakah layak untuk diterapkan pada instansi pemerintah tentu tidak mudah. Instansi pemerintah perlu melakukan analisis dahulu agar anggaran yang akan digunakan dalam kegiatan tersebut tidak melebihi anggaran yang ditentukan. Oleh karen itu, instansi pemerintah perlu melakukan analisis terhadap kinerja, ekonomi, pengendalian, efisiensi,

1. Analisis Kinerja Sistem (Performance)

Kinerja adalah suatu kemampuan sistem dalam menyelesaikan tugas dengan cepat sehingga sasaran dapat segera tercapai. Kinerja diukur dengan jumlah produksi (throughput) dan waktu yang digunakan untuk menyesuaikan perpindahan pekerjaan (response time).

Kelebihan Karena ini cloud computing sebuah teknologi yang akan memudahkan pelayanan kepada masyarakat karena semua sumberdaya telah disediakan oleh penyedia jasa dalam satu paket

Kekurangan : Memerlukan koneksi internet padahal belum semua wilayah di Indonesia sudah memiliki koneksi internet. Koneksi internet di Indonesia belum stabil dan kurang memadai.

2. Analisis Informasi (Information)

Informasi merupakan hal penting karena dengan informasi tersebut pihak manajemen (marketing) dan user dapat melakukan langkah selanjutnya.

Kelebihan: Informasi mudah diakses dari berbagai penjuru dunia jika menggunakan jasa cloud computing.

Kekurangan:  Pihak penyedia jasa cloud computing belum tentu dapat menjaga kerahasiaan informasi yang disimpan di server, untuk ini penyedia jasa dan pengguna dapat melakukan berbagai kesepakatan bersama.

3. Analisis Ekonomi (Economy)

Pemanfaatan biaya yang digunakan dari pemanfaatan informasi. Peningkatan terhadap kebutuhan ekonomis mempengaruhi pengendalian biaya dan peningkatan manfaat.

Kelebihan : 1) Menghemat biaya gaji pegawai setiap tahun,  Mengurangi biaya pengadaaan dan pemeliharaan infrastuktur TIK,  2) Tidak memerlukan biaya lisensi software yang digunakan karena pihak penyedia jasa cloud computing yang akan melakukannya.

Kekurangan: Jika pihak penyedia jasa cloud computing tidak melakukan pemeliharaan dengan baik maka instansi pemerintah akan merugi.

4.  Analisis Pengendalian (Control)

Analisis ini digunakan untuk membandingkan sistem yang dianalisa berdasarkan pada segi ketepatan waktu, kemudahan akses, dan ketelitian data yang diproses.

Kelebihan, – Pihak penyedia jasa cloud computing bertanggung jawab terhadap aktifitas yang mencurigakan di server.

Kekurangan:, 1)  Keamanan informasi negara belum tentu terjaga dengan baik karena banyak cracker/hacker yang memiliki keahlian mencuri data yang disimpan di jasa cloud computing. 2) Instansi Pemerintah perlu melakukan kontrol terhadap kualitas server yang digunakan oleh pihak penyedia jasa cloud computing. 3) Perlu adanya kontrol terhadap pegawai penyedia cloud computing agar dapat menjaga kerahasiaan data yang disimpan di server.

·5. Analisis Efisiensi (Efficiency)

Efisiensi berhubungan dengan bagaimana sumber tersebut dapat digunakan secara optimal. Operasi pada suatu perusahaan dikatakan efisien atau tidak biasanya didasarkan pada tugas dan tanggung jawab dalam melaksanakan kegiatan.

Kelebihan: 1) Waktu yang diperlukan dalam mengakses data lebih cepat, 2) Operasional dan manajemen lebih mudah.3)  Tidak memerlukan harddisk atau laptop dalam menyimpan data.

Kekurangan, – lagi-lagi karena jaringan internet kita belum stabil maka sering terjadi keterlamatan dalam akses data ke server penyedia jasa

·6. Analisis Pelayanan (Service)

Peningkatan pelayanan memperlihatkan kategori yang beragam. Proyek yang dipilih merupakan peningkatan pelayanan yang lebih baik bagi manajemen (marketing), user dan bagian lain yang merupakan simbol kualitas dari suatu sistem informasi.

Kelebihan:  Pihak penyedia jasa cloud computing memberikan layanan update dan konfigurasi sehingga mempermudah pekerjaan pegawai di instansi pemerintah.

Kekurangan  Dalam beberapa kasus sumber daya manusia pengguna tidak bisa berkembang karena semua sudah di tangani penyedia jasa.

Menggunakan cloud computing tergantung kepada kebutuhan dari instansi pemerintah tersebut. Jika kebutuhan akan data dan akses data begitu penting serta jumlah data yang disimpan cukup besar dan banyak dan komplek maka jasa cloud computing adalah opsi terbaik untuk digunakan agar tidak terjadi pembengkakan anggaran dan pelayanan di instansi pemerintah tersebut dapat maksimal. Namun, jika instansi tersebut hanya memiliki data dalam jumlah kecil dan sederhana , pilihan jasa cloud computing belum layak digunakan. Selain itu, tentunya banyak pegawai yang akan berkurang produktivitasnya karena data di instansi tersebut telah dikelola oleh pegawai dari pihak penyedia jasa.

Referensi

http://rosid.net/kelebihan-dan-kekurangan-cloud-computing-komputasi-awan/

https://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi_awan