TENTANG PASWORD ACCOUNT SOSIAL

PASSWORD Sebagai onliner atau blogger, Anda pasti sering menggunakan yang namanya password atau kata sandi. Baik digunakan di jejaring sosial seperti facebook, twitter, foursquare, linked-in atau saat membuka email, dan masuk ke blog. Password biasanya terdiri dari susunan huruf, angka atau keduanya. Semakin rumit password, maka semakin sulit untuk di hack oleh orang lain. Jumlah karakter pada sebuah password juga berpengaruh. Dan sebaik-baiknya password adalah kombinasi antara huruf dan angka. 

Menurut data dari salah satu tabloid komputer di Indonesia, yaitu Chip Indonesia, 30% password terdiri dari 6 karakter atau lebih. 40% password terbentuk dari kombinasi huruf kecil (lowercase) saja. 16% password terbentuk dari kombinasi angka saja. Dan kurang dari 4% yang menggunakan special character di dalam passwordnya. Algoritma perhitungan waktu untuk memecahkan password dengan 9 karakter adalah untuk kategori lowercase (huruf kecil) 4 bulan, uppercase (huruf besar) 178 tahun dan yang menggunakan simbol 44.530 tahun. Oleh sebab sekarang apakah anda termasuk orang yang menggunakan password dengan kategori lemah atau kuat. 

Berikut 8 karakteristik password berkategori lemah

  1. Password menggunakan tanggal lahir sendiri, ini merupakan password yang paling mudah ditebak. 
  2. Password yang sama digunakan untuk login di beberapa situs/akun, biasanya untuk mempermudah supaya tidak lupa. 
  3. Password menggunakan nama orang-orang terdekat (seperti keluarga, sahabat, pacar, saudara, guru) dan binatang peliharaan. 
  4. Password menggunakan nama sendiri. 
  5. Password yang diambil dari sebuah kata di kamus juga termasuk karakteristik password yang lemah. 
  6. Password menggunakan nama-nama yang umum / banyak dipakai di negara tersebut. Kalau di luar negeri seperti nama “Mary” dan “John”. 
  7. Password = username, ini juga termasuk kombinasi password yang mudah ditebak. 
  8. Password yang terbentuk dari pola susunan huruf di keyboard, seperti qwerty, asdfgh, poiuyt.

Sumber akun twitter @CHIPIndonesia