SEDIKIT NGOBROL TENTANG E-KTP DARI FACEBOOK

Untuk temen2 yang lagi merantau, waktu pembuatan E-ktp kita tidak bisa pulang, gmana ya solusinya ?

DSC00360Lulus Miftakhul Fajri lucu, yang namanya digitalisasi itu ya tidak terikat wilayah. Logika yang aneh… Mosok anggota fesbuk harus datang ke amerika untuk pendataaan ?? hahahah

Fauns Sheep maksud saya bojonegoro kan skg lagi di laksanakan pembuatan e ktp untuk warga bojonegoro yang yang ga bisa pulang pingen punya ktp bojonegoro itu solosinya bagaimana ???

Lulus Miftakhul Fajri dimanapun kita, data akan menuju ke servernya sendiri. Begitu prinsipnya.

Lulus Miftakhul Fajri Bisa jadi dia diambil datanya di papua, masuk file, kirim lewat email atau ftp. beres tho ? apanya yang sulit ??

Fauns Sheep la aturanya boleh dak klau boleh ya tak buat dari jauh aja dak usah ke bojonegoro…..

Lulus Miftakhul Fajri ‎:)

Lulus Miftakhul Fajri kenapa ndak boleh ?

Lulus Miftakhul Fajri bukane prinsip utama satu warga negara satu id ? harusnya wilayah sudah ndak jadi masalah.

Dokter Arif ‎@lulus .. Karena ini baru perubahan ke digitalisasi, maka verifikasi menjadi sangat penting, terutama domisili.

Lulus Miftakhul Fajri verifikasi itu sambil berjalan pak dokter, tidak mungkin dapat data langsung validasi, kecuali infrastruktur bagus ( jaringan, server-server, operator dan sebagainya sudah bagus ). Validasi bisa saat pemilu, pilkada, pilgub, saat pernikahan, masuk sekolah, kuliah dsb. Menurut saya data bisa diambil darimana saja sekarang, yang penting secepatnya dan serentak agar moving orang2 bisa diminimalisir. baru nanti data2 input itu mencari letak masing2 sesuai domisili.

Dokter Arif tidak bisa spt itu mas … karena harus ada kesinambungan antara data yg sebelumnya dg data yg akan dientry.
Orang tidak boleh dengan mudah mengaku penduduk sini atau sana hanya berbekal fotokopi KK yg bisa dimanipulasi. Dengan sistem itu sekarang ketahuan misalnya di DKI ada selisih lebih dari 1 juta orang.

Lulus Miftakhul Fajri bukane nanti database bisa terpusat di jakarta ?

Lulus Miftakhul Fajri begitu dia nunjukan KK maka operator langsung konek ke database pusat dan dicocokkan.

Dokter Arif intinya mas … kalau bisa dipersulit mengapa harus dipermudah? hehehe… lha wong saya yg sudaha datang ke kecamatan hampir saja ditolak gara2 hari itu katanya bukan giliran desa saya…. katanya nanti mengacaukan pendataan… Emangnya entrynya pake mesin ketik?🙂

Lulus Miftakhul Fajri hahahahha…mengacaukan ??🙂 mungkin mereka berpikir nyusun data wong sakmono akehe ndahneyo angele, opo maneh enek sing nyelip sicok…

Pratama Adhi pak dokter: sbenarnya bukan mempersulit … biar memudahkan aja pengecekan sapa yang sudah dan belum… dan nati kalo tidak diberi jadwal kantor kecmatan la akeh wong..akeh wong mesti gak iso antri pingine disik…. dadi rame… rame..salah maneh kecamatan heheheh…. operator juga manusia. hehehehehehe

Lulus Miftakhul Fajri ‎”mempermudah pengecekan sapa yang sudah dan belum “, bukane langsung otomatis, begitu data dokter arief masuk langsung di validasi dengan database local ?? kalau dobel ya berarti sudah. Saya kira dengan sistem ini harusnya waktu dan tempat tidak menjadi kendala.

Lulus Miftakhul Fajri anywhere anytime you can register

Dokter Arif mas @prathama… hehehe so sorry mas.. ngapunten ingkang katah … hehe.. memang ngopeni uwong muacem2 macem ora gampang.. masalah antri wae isok dadi pekoro … selamat bertugas..

DSC00389Fauns Sheep bener ada jadwal desa masing2 masalahnya yang saya tanyakan klau orang asli bojonegoro blm bisa pulang waktu pembuatan e tkp desanya bagaimana ada solusinya tidak…….?

Moham Muat mungkin untuk warga bojonegoro di perantauan bisa bikin e-KTP besuk waktu pulang kampung, karena program e-ktp ini waktunya panjang sapai bulan nopember akan terus di layani, jadi jangan hawatir

Pratama Adhi pa lulus: emang secara sistem begitu…. dengan jadwal dan antrian kan enak…. lebih teratur. ada daftar yg kan lebih mudah juga. selama operator kerja kab petugas yang lain bisa langsung lihat daftr hadir yang ada sehingga bisa langsung tau sapa yg sudah dan belum. alat yg digunakan jga terbatas sebabnya. hehehehe

Pratama Adhi mas fauns: bner apa yg dikatakan pa moham … perekaman sesuai kk dia domisili. dpt dilalakukan kapan aja slama program ini berlangsung. tujuannya memng sesuai dgn yg dikatan dokter arif.

Lulus Miftakhul Fajri saya masih belum bisa mengerti kenapa masih harus pulang kampung, kalau hanya untuk secuil data dan sidik jari serta retina. Yang besarnya mungkin hanya beberapa kb

Moham Muat pak Lulus Miftakhul Fajri jika gak mau pulang kampung/bikin di bojonegoro ya monggo ngurus surat pindah selesai gak ada masalah, dan dimanapun kita tinggal kan sama tetap indonesia.

Lulus Miftakhul Fajri Kalau tetap sama tetap Indonesia kenapa butuh surat pindah ? heran deh… Umpama saya lagi di medan, rumah saya bojonegoro. lagi ada tugas 6 bulan disana, ya sudah saya bikin ktp di medan saja. isi data, ambil sidik jari, sidik retina, tanda tangan, print.. beres.! Kemudian data itu berjalan ke server yang ada di bojonegoro sendiri. Kok malah saya disuruh pindah… heran..

Moham Muat ya itulah sistem pemerintahan indo ada pemerintah pusat, ada propinsi, ada kab, kec. desa, dan seterusnya, ini terkait dg identitas kependudukan kalau di indonesia istilahnya NIK, ini tersusun dari code propinsi, Kab, Kec, Desa, tanggal lahir, tempat lahir, Jenis kelamin, jadi jangan permasalahakan masalah ini. saya kira Pak lulus sudah faham dg aturan ini, saat pendataan ini NIK baru bisa di akses dari kabupaten tempat NIK di terbitkan, dan sampai saat ini pendataan penduduk belum selesai, conthnya NIK awalan 3522 ini NIK Bojonegoro saat ini tidak bisa di akses dari lamongan

Lulus Miftakhul Fajri oooo… begitu ya keadaannya. Ok saya bisa mengerti.

Pratama Adhi smoga nanti setelah program berjalan ….apa yg diharapkan pak lulus bisa terwujud

Fauns Sheep kalau saya sih pingenya ktp bojonegoro coz skg ktp bojonegoro sangat penting untuk nglamar pekerjaan….udah itu saja makasih penjelasanya yang puajng kayak kereta tut tut tut tut….

Dokter Arif nah.. itu yg saya maksud.. masa petugas kab. bojonegoro diberi akses untuk bikin KTP DKI ? Bisa2 ntar banyak juga kontraktor DKI yg minta didaftarkan sebagai penduduk Mojodelik, atau Gayam … hehe

Lulus Miftakhul Fajri negatif thinking🙂 belum lagi nanti pada masalah pemilu dsb hehehhe bangsa ini akan sulit berkembang kalau saling curiga dan tidak mengindahkan etika.

Dokter Arif kalau positif thinking… unas ga usah pake pengawas gpp🙂

Puguh Setyo Kapan ya NIK benar-benar bisa dipakai sebagai single identity number, untuk kartu asuransi, NPWP, sekaligus tanda pengenal? Sehinggga gak perlu bawa banyak2 kartu

Moham Muat e-ktp yg di dalamnya ada NIK adalah identitas tunggal rakyat indonesia, jadi segala hal yang membutuhkan data identitas diri(NPWP, SIM, Rekening Bank- dll) dapat mempergunakan data yang ada di e-ktp, termasuk juga untuk urusan Pemilu (e-voting). tingal kita tunggu saja pendataan/ proses Enrollmen secara nasional selesai dan segera akan diberlakukan pemberlakuan identitas tunggal ini.

Puguh Setyo Bukan cm untuk mendaftarkan pak,maksud saya tapi benar2 bisa dipakai sebagai pengganti kartu npwp, jamkesmas, jamsostek maupun askes, jadi bener2 single identity number seperti di negara maju (social security number)…hehe

Lulus Miftakhul Fajri halah … wong antar kecamatan aja belum konek apalagi sak endonesia …hehehhehe

Moham Muat pak Puguh Setyo mungkin saja E-ktp dipergunakan untuk berbagai keperluan karena e-ktp generasi ke 2 juga ada fasilitas E-Health, jadi sangat bisa tinggal peraturanya saja di buat, karena tentunya akan melibatkan banyak fihak.

Moham Muat pak Lulus Miftakhul Fajri kalau antar kecamatan sudah konek, yg jadi soal tinggal diperbolehkan tidak kec a mengambil data warga kec. b, ini terkait dengan lingkup kerja masing kecamatan, kalau antar kab memang belum

Puguh Setyo Semoga segera terwujud,kalau ada kemauan…tentu tidak sulit menciptakan single identity number di Indonesia, sehingga data kependudukan, perpajakan dan kesejahteraan sosial bisa terintegrasi.

Lulus Miftakhul Fajri apa memang tidak boleh ?

Moham Muat pak Puguh Setyo ya moga saja dapat terwujud, Pak Lulus Miftakhul Fajri pertanyaan itu yang bisa jawab pihak kecamatan dan catatan sipil…yang jelas teknologi yang di gunakan di program e-ktp di bojonegoro bisa melakukan itu, jika tidak percaya bisa tanya ke petugas e-KTP di kecamatan

Fauns Sheep Sekalian bisa dibuat ngambil uang di ATM, presensi mahahasiswa hahhaha NGAYAL DOT COM

Lulus Miftakhul FajriMoham Muat apakah semua kecamatan ? termasuk bubulan ?

Pratama Adhi pak lulus : kalo jaringan sudah ada mungkin sudah terkoneksi contoh dilamongan smua terkoneksi.tergantung bojonegoro pengurusan administrasi kependudukan tersentral di dinas capil ato bisa melalui kecamatan. kalo di kecamatan bisa berarti sudah terkoneksi smuanya. terkait pemrosesan data bisa lintas kec ato tidak tergantung pada petugas yg diberi kewenangan biasanya kalo operator kec tidak diberi kewenangan untuk itu

Hoegro SenoLulus Miftakhul Fajri: koment-mu awal n akhir kok seje

Lulus Miftakhul FajriHoegro Seno nek podo yo jenenge spam🙂

Moham Muat pak Lulus Miftakhul Fajri Ya semua kec. sudah terkoneksi dengan baik, tinggal administrasi secara fisik/kertas yang perlu pengesahan di wilayah masing-masing