Cloud Computing Teknologi Masa Depan

Seperti yang di maklumi bahwa perkembangan teknologi komputre begitu pesat, menurut Tony Seno Hartono dalam sebuah presentasinya “Cloud Computing adalah teknologi ketiga dari perkembangan komputer” yang pertama adalah Mainfreme yang kedua server – client  dan yang ketiga adalah cloud

Jika dilihat fungsinya, ada beberapa kata kunci yang perlu kita ketahui yaitu service rather than product, shared resources, metered service over a network. Inilah yang menurut saya menjadi kata kunci dalam pemahaman tentang cloud computing. Mari kita bahas satu per satu.

  • Service rather than product. Cloud computing lebih menawarkan jasa itu sendiri daripada produk (software/hardware) yang dihasilkan. Misalnya saya produsen aplikasi  A. Dalam model bisnis lama, saya membuat aplikasi A secara customized alias sesuai dengan request dari klien. Dari sini sudah jelas bahwa apa yang saya jual adalah produk berupa aplikasi. Income yang saya dapat adalah dari project yang saya terima dari klien dan maintenance. Namun dalam konteks cloud computing, saya membuat aplikasi A namun “menyewakan” aplikasi saya kepada klien yang ingin memanfaatkan. Misalnya perusahaan AB ingin mengimplementasi sistem AAA. Perusahaan tidak perlu repot-repot meng-outsourcing-kan pembuatan sistem AAA dengan menyewa salah satu layanan diperusahaan saya penyedia jasa aplikasi AAA, cost yang dikeluarkan juga pasti rendah. Perusahaan AB cukup mendaftar di layanan cloud computing saya untuk menyewa service penggunaan aplikasi AAA. Darimana saya dapat duit? Ya dari kapasitas penggunaan perusahaan A. Semua diatur dalam SLA (Service Level Agreement).
  • Shared Resources. Yang namanya cloud computing, harus bisa saling berbagi resource. Cloud computing diibaratkan sekumpulan komputer / hardware lain yang saling terhubung dan terintegrasi untuk menyediakan resource yang tidak terbatas. Secara general kita tidak perlu mengetahui apa yang ada di dalam awan. Sama halnya ketika kita menggunakan HP kita sudah tidak perlu tau BTS yang kita gunakan dimana, yang kita tau hanya kita dapat signal yang baik.  begitu pula dengan layanan cloud computing ini para pelanggan sudah tidak peduli lagi dimana data mereka disimpan, pelanggan taunya data aman. dan cloud computing harus memapu melakukaknya untuk pelanggan. dan teknologi ini menawarkan sebuah kemudahan untuk berkolaborasi,
  • Metered Service Over Network. adalah bahwa setiap service harus selalu terukur (scalable). Syarat mutlak, harus ada INTERNET. Mengambil contoh aplikasi cloud Skydrive dari Microsoft dengan hanya membuat/medaftara Email Hotmail.com maka kita akan dapat menikmati aplikasi cloud seperti aplikasi Office 2010, dengan teknologi yang di tawarkan maka tida ada alasan lagi bahan rapat tertinggal di rumah atau kantor.

 

1. Sumber dari Presentasi komputasi awan (Tony Seno Hartono),

2. berbagai makalah dari  www.cloudindonesia.org